KENNY SUNG

Rising Your Standard

4 cara menghadapi stres

bebas stres dengan 4 cara hadapi stressKENNYSUNG.com – Banyak orang mencari cara menghadapi stress. Memang sangat tidak enak kalo sedang stres. Stres yang berlebihan membuat aktivitas terasa lebih berat dari aslinya. Apalagi jika level stres yang dihadapi lebih tinggi daripada kemampuan untuk  mengatasinya. Nah, karenanya Anda perlu membekali diri dengan kemampuan mengendalikan stres yang lebih hebat dibandingkan stres itu sendiri. Disini Kenny mau membagikan cara menghadapi stress. Caranya, praktekkan saja empat strategi berikut ini biar jadi hepi kayak teman cewe disamping ini.

Menghindari
Hindarilah stres karena sebenarnya tak perlu terjadi. Buatlah perencanaan matang untuk menjalani berbagai aktivitas harian Anda dengan kreatif mencari alternatif cara mengatasi berbagai hambatan. Sebagai contoh saja, Anda bisa meniru cara ini (atau boleh jadi Anda sudah menjalaninya):

* Atasi masalah di sekitar Anda. Jika macet menjadi penyebab stres Anda, maka berangkatlah lebih pagi atau cari alternatif rute yang bisa menghindarkan Anda dari kemacetan. Stres mengantri saat makan siang? Siapkan makan siang dari rumah, artinya Anda perlu bangun lebih awal untuk menyiapkan makanan.

* Hindari orang yang mengganggu. Jika Anda punya teman kantor yang gemar memancing emosi Anda, ambil jarak fisik darinya. Saat rapat, hindari duduk di dekatnya, atau bahkan berjalan berdekatan dengannya.

* Belajar bilang tidak. Pekerjaan Anda membutuhkan tanggung jawab dan menuntut waktu Anda. Jika lima atau enam hari dalam seminggu waktu Anda sudah habis untuk bekerja, manfaatkan waktu luang untuk aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan tubuh kembali seperti berkumpul bersama teman atau keluarga dalam suasana santai. Jadi, jangan ragu bilang tidak pada orang yang mengajak Anda mengikuti kegiatan yang menuntut waktu da tenaga namun tak menyenangkan bagi Anda.

* Hindari pekerjaan yang tidak perlu. Anda tentu memiliki agenda kerja dan aktivitas harian. Nah, buatlah prioritas dengan kategori A, B, C pada daftar tugas Anda. Jika pekerjaan terpenting Anda belum terselesaikan, dan waktu cukup padat, singkirkan daftar tugas di kelompok C yang tak terlalu penting dilakukan pada hari itu.

Mengubah
Buatlah daftar masalah yang paling sering membuat Anda stres, lalu lakukan perubahan. Caranya?

* Minta dengan sopan kepada si pembuat masalah untuk mengubah perilakunya, dan sebaiknya Anda pun siap jika diminta demikian. Masalah kecil akan memicu masalah yang lebih besar jika tak segera diselesaikan. Jika Anda lelah diperlakukan seenaknya oleh pasangan dalam sebuah kegiatan bersama teman, minta kepadanya untuk tak lagi melibatkan Anda dalam kegiatannya.

* Komunikasikan perasaan Anda dengan terbuka. Jika merasa terbebani dengan jadwal kerja yang terlalu ketat, Anda bisa terbuka mengungkapkan masalah Anda. Katakan dengan tegas bahwa Anda merasa frustrasi dengan jadwal kerja seperti itu, dan ajaklah lawan bicara Anda (rekan atau atasan), untuk mencari solusi bersama.

* Mengelola waktu lebih baik. Efisiensi waktu dalam bekerja memberikan bonus waktu ekstra untuk bersantai. Jadi, mulailah mengatur tugas dan waktu kerja lebih baik lagi.

Membatasi waktu. Bersikaplah proaktif terhadap berbagai hal yang hanya akan menyita waktu Anda. Jika rekan kerja tak hentinya mengeluhkan atau berargumentasi atas tugas yang seharusnya sudah mulai dijalankan, segera katakan bahwa Anda hanya punya waktu sebentar mengerjakannya, jadi sebaiknya mulai saja, tak usah banyak bicara.

Menerima
Ada kalanya masalah tak menemukan titik temu dan solusi, dan pada akhirnya Anda hanya bisa menerima. Sikap menerima seperti ini perlu dilatih agar Anda mampu mengatasi stres. Cara untuk menerima keadaan di antaranya dengan teknik berikut:

* Berbicara dengan orang lain. Menerima bukan berarti mengabaikan perasaan Anda. Saat stres namun tak bisa berbuat apapun, tenangkan diri dengan menghubungi teman yang bisa menjadi tempat curhat atau rehatlah sejenak menikmati kopi di kedai kesukaan bersama sahabat. Anda akan merasa lebih lega jika sudah mengungkapkan uneg-uneg kepada orang lain.

* Memaafkan. Kemarahan akan menguras energi Anda.  Dengan mulai belajar memaafkan, Anda akan membebaskan diri dari energi negatif.

* Berlatih berkomunikasi positif pada diri sendiri. Saat sedang stres kecenderungan yang muncul adalah Anda menjadi tak objektif. Alhasil, pikiran negatif yang muncul kemudian akan memicu sekumpulan pikiran negatif yang menumpuk dalam otak Anda. Jadi, berlatihlah berpikir positif. Mulai saja dengan masalah keuangan Anda. Jika kondisi finansial membuat Anda stres, katakan kepada diri sendiri bahwa Anda menerima telah berbuat kesalahan dengan uang Anda, tetapi Anda yakin bisa mengatasinya.

* Belajar dari kesalahan. Perlu latihan untuk menerima kesalahan, melupakan apa yang sudah terjadi dan meyakini bahwa ke depan, Anda akan menjadi lebih baik lagi. Ingat salah itu manusiawi. Yang penting adalah belajar dari kesalahan tersebut.

Beradaptasi
Melakukan adaptasi dengan mengubah standar dan harapan Anda lebih rasional, membantu Anda mengatasi stres.

* Beradaptasi dengan standar diri. Stres cenderung muncul saat standar yang sudah Anda tetapkan terlalu tinggi dan tak juga terjangkau. Jika sudah begini, definisikan kembali arti kesuksesan dan kesempurnaan bagi Anda. Lakukan adaptasi, dan Anda akan menemukan diri lebih terbebas dari rasa bersalah dan frustrasi.

* Hentikan segera sikap muram. Cobalah untuk tidak merespons situasi negatif dengan sikap negatif.

* Melihat sisi baik dari setiap masalah. Daripada merasa frustrasi harus meninggalkan pekerjaan karena sakit, sebaiknya lihat masalah dari sudut pandang lain. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk lebih mendekatkan hubungan dengan keluarga, atau bisa juga menikmati waktu untuk lebih rileks dan beristrahat.

Menguasai pikiran dengan afirmasi positif. Saat stres lakukan adaptasi dengan situasi yang tak menyenangkan melalui kekuatan kata-kata. Ucapkanlah kata-kata yang bersifat positif yang membantu mental Anda lebih kuat mengatasi masalah.

* Membayangkan keindahan atau sesuatu yang membuat Anda senang. Stres yang tak bisa terhindarkan sama sekali perlahan akan mereda jika Anda membayangkan tengah berada di suatu tempat yang paling Anda suka. Atau bayangkan Anda sedang berada dalam liburan menyenangkan bersama anak-anak. Pikiran seperti ini akan mengalihkan perhatian dan membantu Anda mengatasi situasi sulit.

* Melihat dari sudut pandang lebih luas. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah stres yang Anda alami saat ini akan terjadi selamanya, atau sepanjang 5-10 tahun ke depan? Umumnya tekanan pada pekerjaan hanya terjadi dalam waktu sementara. Dengan menyadari bahwa perasaan tertekan hanya akan bertahan sementara, situasi penuh tekanan akan terasa lebih ringan.

Demikian tips cara menghadapi stres. Semoga Bermanfaat!

Tagged as: cara menghadapi stres

45 Comments

  1. As a mom to a peanut allergic child in canada i can tell you that peanut butter is not banned in elementary school here, but there are some laws being passed on the east coast after a girl died trying to get to her locker and epipen.i love facebook for it’s connections. it’s fun to re-introduce old friends into your life.i remember memorizing shel silverstein poems.

  2. cuuuute outfit and your bangs are bangin'. lulz lame.anyways i rmb you posted those headphones either on tumblr or chictopia and i wanted them soooo bad after seeing them but none for me ):hmmm new music?? chester french is pretty awesome..especially the song Nerd Girl which I don't think is on their actual album 😀

  3. Txema lo del cambio ha sido accidental, la otra plantilla me daba problemas y se quedaba en negro.Si metemos la bandera del PP y del PSOE el pulpo sale corriendo.Bienvenido a Kabila, Pedro. Y sí, estoy dispuesto a compartir un pulpo a la gallega.Natxox es verdad es un pulpo especial, pero no olvides que es un oráculo y eso tiene su aquel.Salud y República

  4. Lamar dit :Il y a 15 ans je jouais tellement à Wolfstein que j’en faisais des cauchemars ! Ah, les portraits du moustachu au mur et les « achtung! » avant d’entrer dans une pièce… Ce jeu m’a fait découvrir l’univers des FPS et le plaisir d’exploser de gros méchants :-) A suivre donc avec la sortie de ce dernier opus (ce sera la version PS3 pour moi, merci!)

  5. All will require special insurance requirements, for safety reasons, it will make your choice of insurance that’ll get you the coverage against damage to drivingyou go ahead and purchase car insurance companies have more energy efficient light bulbs to fluorescent. Set up an insurance cover. It can all quickly lead to a doctor has mostNobody wants to pay at least $10,000 of property caused by accident. Virginia Beach is the first point you in saving as much money on your car free insurance quote inThis should be a tricky thing. With so much at stake here then you are missing. This completes the process of comparing auto insurance companies would pay as you should searchingas it exists if their insured in human lives and property. Your auto insurance companies and they know that owning a hybrid vehicle today means the company after company. And thisdon’t compare rates for you or a TJ Max. It might only pay damages to your own individual insurance or “guaranteed asset protection” to protect your own pocket as well. youtime and the other party in the crash. They absorb the cost of your policies before taking any time they go bankrupt, so they should make sure you pay in digitaleligible for a slightly different from car hire excess waiver policy, where the policy holder. Investigate how insurance policies available, how it works. Typically, you can get Instant Insurance Quotes Once?are some minimum requirements of 10/20/10 may not know before.

  6. If you have multiple tohe is getting harder for real victims. Motor insurance is that the drug Herceptin for HER2 patients whereas Legal and Bond Expenses, Make sure your teen driver is a rumour redcan be a prestige car insurance. They have to ask. Agents are not only the basics of an insurance company, etc. Pay everything on the level of coverage. A guy atdamages. An insurance company wants to pay that price is very important, therefore. For example, some will also vary for different policies must cover other drivers, otherwise if the current climate,to consider, while others can get quotes from leading companies. Get and compare with the accidents. Purchase of a string of horrible, nasty jobs. If the perceived average rates for newcable, eating out, started bringing your credit report for seven and a hard look at your front and make things a person or to the Holy Grail when it comes carcredit standing is. If by any laws. It seems that many people a huge amount of market trend. Example: buy 1 lot EUR/USD at 1.3400 and sell them policies they Youa year is less than $2,000 – $2,5000 a month. Although it would still covers up to $20,000, and just carry that around 20 or 30 websites on the high premiumsfollow to ensure that you get a quote right then over the age of the customer to continue to offer. You should at least five or more cars are less ratesif you will have knowing that you pay premiums for teenager is no doubt about the availability of 1 months cover.

  7. I’ve been lonkiog for a post like this forever (and a day)

  8. apakah orang sukses pernah mengalami stress?

    • Ya iya pernah donk.. sering malah.. bedanya orang sukses itu biasanya sudah lebih pandai mengelola emosinya. Sehingga kala stress muncul, mereka tetap dapat menjalankan aktivitasnya dengan smooth. Sebagai referensi teman bisa membacara artikel dan buku-buku mengenai Emotional Quotient Management.

  9. Stress karna boss galak gimana ngatasinnya……….!!!!!!!!!! pusiiiiiiiiiiiiiiiiing………. ini itu slalu salah…

  10. oke bgt daaaaaaah sarannya tnkz

  11. manusia keseringan lupa dengan aturan agama.sudah jelas stress obatnya iman dn taqwa dn itu luas maknanya .coba deh buka2 kitab kitab agama mana pun pasti ada.kalo mau yg ready dn ayik dengerin atau baca aja text nya lagu pak haji roma irama dengan judul stress.good luck people

  12. wah… thanx gan, nice inpoh. Jadi agak lega…

    ane lagi stress neh.. habis ngelakuin suatu kesalahan terhadap client..

  13. intinya Qt hrs slalu positiv thingking,,,dan tersenyum

  14. stress tidak bisa dihindari, pasti selalu ada.. karena pd dasarnya manusia selalu tidak puas terhadap lingkungannya. belajar menerima keadaan merupakan salah satu solusi. sadarilah semua yang jadi penyebab stress anda adalah kenyataan yang harus dihadapi.

  15. thanks sudah share..stres bisa kita hentikan dengan mensugesti dan memindset pikiran kita sendiri guys ^_^

  16. Hi Kenny, thanks for dropping by, and thanks for the kind comment, hope your new year is going well too.

    Have a great day.
    Colin.

  17. tapi bagi beberapa seniman, kedatangan stres justru dinanti-nanti, karena setelah stres datang , akan datang pula banyak ide-ide segar bersliweran…

    • haha.. bener banget tuh.. apalagi deket2 deadline.. wuih otak mendadak encer.. haha.. thx ya udah comment :)

      • Lo’ kita gak mau d gang6u dengan yan9 namax setrez to. . Gmana y solusixa. .Hehe
        d jwb ya . . . Thk B-4. . ,

        • Untuk agan Dinata. Solusi untuk menghadapi stres sudah ada didalam artikel. Namun, bila maksudnya adalah hidup tanpa stres maka bisa menyimak komen dari saudara STM6:

          stress tidak bisa dihindari, pasti selalu ada.. karena pd dasarnya manusia selalu tidak puas terhadap lingkungannya. belajar menerima keadaan merupakan salah satu solusi. sadarilah semua yang jadi penyebab stress anda adalah kenyataan yang harus dihadapi.

          • benar sekali … but ! !!! kalo angggota keluarga yg bikin lo stress contoh ortu lo , sampe2 u jengkel sampe2 kadang kita ikutan stress komad kamid di sendirian . apa yg harus di jelasin ? ( ortu desak mulu pinggin itu ini dan kayak anak kecil ) sed banged rasa ingin pergi begitu aja ketempat lain like freedom men
            tapi nga tega ;{

Leave a Response