KENNY SUNG

Rising Your Standard

Ayo sukseskan resolusi tahun baru

resolusi tahun baru 2011Pergantian tahun biasanya diikuti ritual menyusun resolusi. Jika kebiasaan ini mau Anda lakukan, dapat dipastikan resolusi yang dibuat berjalan sukses 2011 nanti. Cek kunci sukses mewujudkan resolusi tahun baru di bawah ini:

1. Rencana Realistis
Pastikan Anda menyusun resolusi yang realistis. Caranya, buatlah resolusi tahun baru dengan berdasarkan pengalaman di waktu lalu sesuai histori perjalanan hidup Anda.

Praktisnya, resolusi tahun baru yang Anda susun harus mencerminkan pembelajaran atas kesalahan masa lalu. Jangan mengulangi kegagalan. Misalnya, tahun lalu Anda merencanakan untuk rutin berolahraga lima hari dalam seminggu, dan ternyata tak berjalan mulus. Nah, tahun ini, Anda tak perlu memaksakan diri. Melihat pengalaman masa lalu, sebaiknya Anda merencanakan hidup sehat yang lebih realistis. Berolahraga tiga kali dalam seminggu mungkin lebih tepat dan cocok dengan kondisi Anda.

2. Naikkan Target bertahap
Anda takkan bisa mengubah keadaan dalam semalam. Jika ingin menurunkan berat badan 10 kg, tentu perlu dijalankan bertahap tak bisa instan. Anda perlu bersabar meraih sasaran secara bertahap. Termasuk juga jika Anda merencanakan meraih gelar master atau doktor 2011 nanti. Pastikan Anda siap menjalani proses mencapai tujuan tersebut. Beberapa target resolusi thaun baru Anda bisa terwujud dalam jangka waktu tertentu.

3. Evaluasi kembali
Evaluasi kembali resolusi tahun baru Anda. Bisa jadi beberapa diantaranya tak bisa Anda wujudkan. Namun, jangan juga mudah menyerah. Pelajari lebih detil resolusi yang sudah Anda susun. Jika masih memungkinkan Anda capai dengan melakukan persiapan yang lebih matang. Misalnya, jika Anda merencanakan untuk membentuk tubuh ideal dengan latihan otot, Anda perlu memelajari tekniknya. Jangan asal menyusun resolusi, padahal Anda tak punya pengalaman dan tak mau belajar untuk mewujudkannya.

4. Tuliskanlah resolusi Anda
Pastikan resolusi tahun baru yang sudah Anda rancang tertulis dengan jelas. Gunakan bahasa atau kata-kata yang tegas dan tidak bermakna ganda. Catatan yang jelas dan tegas akan membantu Anda menyukseskan resolusi yang sudah tersusun rapi.

5. Pastikan ada perkembangan
Pastikan Anda tetap berada pada jalur yang tepat untuk mewujudkan resolusi. Kontrol perkembangan diri Anda secara periodik. Jika ingin mengubah kebiasaan bangun siang, kontrol perkembangan yang sudah Anda lakukan seminggu sekali. Lihatlah sudah sejauh mana Anda membuat perubahan yang positif.

6. Pilih bahasa positif
Belajarlah menjalani kebiasaan positif. Mulai penggunaan bahasa positif, termasuk mengontrol pikiran Anda agar selalu positif. Cara Anda berbicara pada diri sendiri memengaruhi potensi untuk mencapai tujuan. Jika Anda berpikir buruk atas diri sendiri, akan sulit rasanya mencapai tujuan resolusi 2011 nanti.

7. Jangan mencari kambing hitam
Berpikir positif memungkinkan Anda mengembangkan potensi diri. Dengan begitu, Anda takkan mencari alasan atau bahkan kambing hitam atas kondisi Anda saat ini. Jika Anda merencanakan meraih gelar master 2011 nanti, jangan pernah berpikir bahwa Anda sudah terlambat untuk kembali ke kampus. Sebaliknya, katakan pada diri Anda, bahwa tak ada batasan usia untuk meraih gelara master atau doktor. Tambahkan motivasi, bahwa begitu Anda sukses meraih gelar yang lebih tinggi, peluang kesuksesan atau pekerjaan terbuka jauh lebih luas.

8. Mencari dukungan
Bagaimanapun Anda memerlukan dukungan agar sukses mewujudkan resolusi tahun baru. Carilah dukungan orang terdekat di keluarga, atau teman baik Anda. Bergabunglah dengan orang lain, teman atau kenalan baru yang memiliki rencana yang sama dengan Anda. Dengan cara ini Anda lebih termotivasi.

9. Cerdas mengatasi masalah

Hambatan, masalah tak bisa Anda hindari, terutama saat berencana membuat perubahan diri. Belajarlah mengatasi masalah yang muncul. Kemampuan mencari solusi membantu Anda mewujudkan resolusi.

10. Rayakanlah kesuksesan dan bangkit dari kegagalan
Saat sukses membuat perubahan diri lebih positif, rayakan kesuksesan Anda. Namun, saat gagal, segeralah bangkit. Pastikan Anda tetap menghargai usaha Anda dengan tidak menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi. Justru, saat gagal, Anda harus berpikir bahwa lain waktu atau esok Anda bisa memperbaiki diri dan berbuat lebih baik lagi.

Leave a Response