KENNY SUNG

Rising Your Standard

Presiden Wanita Pertama Brasil

Presiden wanita pertama Brasil dilantik Sabtu tengah sorak-sorai dan air mata dari pendukung, banyak dari mereka diikuti kenaikan dia dari pejuang kemerdekaan brutal dianiaya oleh junta militer negara itu pada tahun 1960 untuk kepala negara.

presiden wanita pertama brasil

Dilma Rousseff

Dunia mengamati Dilma Rousseff mengumumkan arahan barunya sebagai presiden, menarik perhatian dengan berat bersejarah kepengurusannya.

“Ini adalah pertama kalinya sabuk presiden Brasil di atas bahu seorang wanita,” katanya.

“Saya berkomitmen untuk menghormati kaum perempuan, untuk melindungi yang lamah dan mengatur untuk semua.”

“Mulai sekarang saya adalah presiden untuk Brasil,” kata seorang Rousseff menangis kerumunan.

Rousseff, 63, menggantikan Luiz Inacio Lula da Silva, presiden yang paling populer dalam sejarah Brasil. Rousseff menjabat sebagai kepala stafnya.

Rousseff, yang terpilih pada Oktober dalam pemungutan suara aliran, dilantik tepat sebelum 15:00 waktu setempat, bersama dengan wakil presiden itu, Michel Temer.
Brasil memilih presiden perempuan pertama

Saat melantunkan lagu dari Partai Pekerja Rousseff  – “Ole ole ole ole … Lula … Dilma …” – Orang banyak berkumpul di Kongres Nasional bersejarah untuk mendukung presiden baru mereka, seorang politikus gerilya pejuang-berubah yang sekarang akan memimpin salah satu ekonomi terbesar di dunia.

Brasil masih berkutat dengan kemiskinan, kejahatan dan korupsi, meskipun optimisme tetap diproyeksikan oleh lembaga keuangan negara.

Rousseff’s peresmian Sabtu ini dihadiri oleh 23 kepala negara, wakil presiden sembilan, 76 duta besar dan 24 sekretaris negara, termasuk Hillary Clinton, dengan siapa ia berbagi jabat tangan singkat.

Rousseff memiliki pertemuan agak lama dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez, menandakan hubungan yang lebih dekat dengan negara berkembang dan menantang hegemoni Amerika Serikat.

“Kami akan memberikan perhatian yang besar terhadap negara-negara berkembang,” kata Rousseff anggota Kongres selama pidato pengukuhan dirinya.

“Kita bisa mengubah wilayah kami menjadi komponen penting dari sebuah dunia multipolar yang akan datang, memberikan konsistensi yang lebih besar untuk Mercosul dan forum multilateral,” katanya, merujuk pada aliansi negara Amerika Selatan.

“Kami tidak akan membuat konsesi terkecil untuk proteksionisme dari negara-negara kaya yang tercekik setiap kesempatan bagi negara begitu banyak untuk mengatasi kemiskinan melalui kerja keras produksi,” katanya.

Rousseff juga menghabiskan waktu dengan Fernando Lugo Presiden Paraguay dan Uruguay Presiden Jose Mujica, keduanya juga dikenal sebagai kepala sayap kiri negara.

Retorika samping, pragmatis Rousseff termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa dalam daftar nya Brasil yang ingin menjaga hubungan yang kuat dengan, walaupun perbedaan pendapat atas perdagangan, lingkungan dan krisis mata uang yang sedang berlangsung.

Menurut Bank Dunia, Brasil telah berkembang dengan cepat menjadi pemain utama dalam politik dunia dan salah satu sepuluh di dunia ekonomi terbesar di PDB. Menurut 2011 prospek ekonomi Dana Moneter Internasional, ekonomi Brasil diperkirakan akan tumbuh lebih dari 5%, lebih cepat dari negara-negara maju, termasuk Amerika Serikat.

Seorang pemain dunia utama agribisnis, ahli menyatakan Brasil telah melewati krisis keuangan global dengan manfaat dari kenaikan harga komoditas.

Pada tahun 2010, Brasil akumulasi PDB pada kuartal ketiga 2010 tumbuh sebesar 7,5%, menunjukkan kekuatan pertumbuhan di sektor industri, diikuti oleh sektor pertanian dan sektor jasa, analis IMF melaporkan.

Meskipun boom ekonomi, Brasil masih berjuang dengan kemiskinan, kelaparan dan krisis pendidikan. Tetapi menurut penelitian oleh lembaga survei resmi statistik Brasil, IBGE, 31 juta Brazil memasuki kelas menengah dan 24 juta kemiskinan kiri selama sejak tahun 2003.

Seperti pendahulunya, Rousseff bersumpah untuk memerangi kelaparan sementara mempromosikan kebijakan untuk merangsang pertumbuhan.

“Kejorokan Mengatasi membutuhkan siklus panjang mengutamakan pertumbuhan,” katanya, menambahkan bahwa restrukturisasi fiskal harus dilakukan untuk mempertahankan pertumbuhan stabil Brasil.

Di luar Kongres Nasional Brasil, kerumunan baik simpatisan berkumpul, melambai-lambaikan bendera merah dari Partai Buruh.

Peresmian banyak-diantisipasi itu agak basah oleh hujan lebat, yang memaksa presiden baru untuk menemukan menutupi di 1952 Rolls Royce hitam yang diarak menuruni Esplanade Kementerian seperti ribuan memandang.

peresmian nya datang hampir 41 tahun setelah Rousseff ditangkap dan dikawal dalam suatu van militer ke Penjara Tiradentes mana, ia mengatakan Brazil Kongres, dia “berkali-kali disiksa” selama hampir dua tahun.

Dikenal sebagai “subversif Joan of Arc,” adalah Rousseff disiksa di bawah kediktatoran Brazil untuk kegiatan dia sebagai seorang gerilyawan sayap kiri di akhir 1960-an.

Sumber Berita: CNN

Maju Terus Kaum Wanita

Inspirasi

Leave a Response